Merintis Bisnis Tiket Online

Seorang Pembaca menanyakan kepada Konsultan Keuangan di Jakarta perihal Bisnis Tiket Online. Mudah-mudahan ini akan memberika sedikit wawasan tentang Bisnis Tiket Online.

Saya berencana ingin membuka usaha penjualan tiket online. Saya ingin menanyakan tahap apa saja yang harus saya lakukan? Bagaimana merencanakan persiapan modalnya? Apakah bisnis ini berprospek cerah mengingat pertumbuhan industri internet yang terus tumbuh? Apa saja strategi untuk mengembangkan bisnis tiket online ini?

Jawaban :
Sdr. Hany Setiawan Alhaq, senang sekali mendengar anda mulai memikirkan membuka bisnis baru. Ini berarti beberapa orang akan dapat ditampung di usaha yang akan anda jalani. Dapat diartikan pula bahwa anda telah mengurangi tingkat pengangguran yang sedang meningkat akhir-akhir ini.

Dalam mulai berbisnis, hal yang pertama kali dilakukan adalah MIMPI, atau keinginan yang sangat kuat. Dengan MIMPI ini anda akan memiliki semangat dan stamina yang sangat besar. Saat anda jatuh menghadapi beberapa kendala yang mungkin akan terjadi, maka semangat ini akan membantu kita untuk bangkit kembali. Beberapa pengusaha yang telah berhasil mengatakan bahwa jatuh dalam berusaha adalah hal biasa, sedangkan bangkit kembali setiap kali jatuh adalah hal yang LUAR BIASA.

Selanjutnya yang dilakukan adalah MELANGKAH PERTAMA KALI. Banyak orang hanya sampai tahap berMIMPI saja, takut untuk melangkah selanjutnya. Jadi pastikan langkah pertama anda dilakukan saat ini juga, dari hal yang paling sederhana. Misalnya anda membuat sebuah rencana bisnis [atau business plan] untuk usaha penjualan tiket online ini sebagai langkah awal. Dari langkah awal ini, kita akan dengan lebih mudah untuk melangkah ke tahap selanjutnya.

Secara umum bisnis penjualan tiket online ini cukup cerah, khususnya untuk kota-kota besar. Ada sebuah perusahaan penerbangan yang secara langsung menjual tiketnya secara langsung melalui internet, dan dari waktu ke waktu kapasitas tempat duduknya hampir selalu penuh. Namun demikian ada risiko yang perlu diperhitungkan yaitu : perkembangan teknologi internet yang sangat cepat. Hal ini dapat kita antisipasi dengan terus mengikuti perkembangan teknologi ini dari waktu ke waktu.

Untuk permodalan, anda dapat memilih di antara pilihan berikut ini. Yang pertama, dari kocek kita sendiri, bisa dari tabungan, atau hasil penjualan asset kita (apakah itu rumah, mobil atau asset lainnya). Kita juga bisa mengajak kerjasama teman lain, atau meminjam dari bank. Banyak pilihan, silakan sesuaikan dengan kondisi kita.

Keyakinan bahwa bisnis yang akan anda jalani akan berhasil, maka ini akan menambah motivasi kita untuk mewujudkan keberhasilan itu.

Dari sisi perencanaan keuangan, pendanaan bisnis yang akan dijalani ini haruslah terpisah dari keuangan keluarga. Jika tercampur tentunya akan merusak keuangan kedua entitas ini.

Selamat Berbisnis.

Joannes Widjajanto-Shildt Financial Planning

Sumber :http://www.detikfinance.com/read/2007/08/20/082505/818958/458/foto/index.html

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s