Tips dan Trik : Dapat Tiket Promosi

Kebutuhan akan tiket pesawat udara semakin hari semakin meningkat terlebih dalam era globalisasi, dimana setiap orang bepergian dari satu kota ke kota lainnya dengan berbagai tujuan baik tujuan pekerjaan atau perjalanan dinas atau untuk tujuan pribagi termasuk berlibur. Namun seiring dengan biaya operasi termasuk kenaikan bahan bakar pesawat/avtur maka perusahaan operator penerbangan membankan biaya avtur kepada calon penumpang, biasa disebut dengan Fuel Surcharge disingkat FS. FS ini berlaku sejak melambungnya harga minya dunia hingga mencapai USD 130 per barel. Kenaikan ini juga diikuti dngan kenaikan FS berturut-turut mulai dari Rp. 20.000, Rp. 40.000, Rp. 80.000, Rp. 120.000, Rp. 160.000, Rp. 180.000, Rp 220.000 samapai dengan Rp. 410.000 tergantung perusahaan penerbangan dan jarak tempuh atau lamanya penerbangan.  Akibatnya calon penumpanglah yang harus menanggung beban yaitu dengan membayar ongkos yang lebih mahal. Bahkan seringkali masyarakat sering kali terjebak dengan harga tiket promosi dari airline yang menjual sangat murah sekali bahkan ada yang Rp. 0 alias gratis. Namun tetap saja harus membayar mahal karena beban FS.

 

Bagaimana mensiasati hal yang demikian ? Mudah-mudahan ini akan banyak membantu siapa saja yang akan bepergian dengan pesawat udara apalagi meyambut liburan akhir tahun atau liburan panjang.

 

Jika untuk Bisnis dengan anggaran perusahaan/kantor :

  1. Jangan menggunakan airline yang sering molor/delay karena akan membatalkan semua rencana anda dan anda akan dinilai jam karet oleh rekan bisnis anda. Alasan pesawat delay itu sudah biasa, sama dengan kereta api. (meskipun cuma 10 – 15 menit). Bandingkan dengan perusahaan penerbangan international yang menghargai waktu meskipun 5 menit saja !
  2. Jangan tergiur dengan harga promosi atau harga murah karena airline akan menentukan aturan-aturan untuk harga tersebut seperti non refund/tidak bisa dikembalikan uangnya, non reroute/tidak bisa dirubah rute perjalanannya, fee administrasi Rp. 50.000 sampai Rp. 100.000 untuk setiap perubahan, denda atas perubahan, umumnya dikenakan cancellation fee/CF mulai dari 35% sampai 75% dari harga tiket jika melakukan perubahan kurang dari 24 jam sebelum keberangkatan, dll.
  3. Usahakan membeli tiket yang fleksibel agar anda bisa leluasa jika terpaksa harus melanjutkan meeting dengan klien. 
  4. Usahakan anda memiliki member/keanggotaan agar anda mendapatkan pelayanan lebih dibanding tidak menjadi member.        

 

Jika untuk Bisnis namun dengan biaya sendiri/sebagai pengusahaa  :

  1. Ikuti point 1 samapi 4 diatas.
  2. Sering-seringlah melihat harga dan jadwal di website masing-masing airline.
  3. Memiliki Biro Perjalanan Wisata/BPW atau Agent Perjalanan Wisata/APW sendiri, namun perlu modal minimal 200 jutaan. Atau
  4. Bergabunglah sebagai mitra pada jaringan tiket, karena anda akan mendapat informasi dan harga tiket dengan harga beli/harga pokok.

 

 

Jika untuk liburan keluarga atau liburan dengan teman – teman :

  1. Rencanakan lebih awal untuk liburan 6 bulan yang akan datang.
  2. Usahakan jangan bepergian di akhir minggu, musim liburan sekolah, akhir tahun, liburan tanggal merah/longweekend, kecuali memang anda memiliki dana lebih.
  3. Sebaiknya anda pergi disaat orang lain pulang atau pulang disaat orang lain pergi. Biasanya berangkat Minggu atau Senin, pulang Kamis,  Jumat atau Sabtu. 
  4. Pesanlah tiket jauh hari sebelum liburan. Biasanya airline sudah memasarkan 3 sampai 6 bulan sebelum keberangkatan.
  5. Carilah harga tiket promosi. 
  6. Sering-seringlah melihat harga dan jadwal di website masing-masing airline. Bergabunglah sebagai anggota di web airline tersebut karena gratis dan anda akan mendapat email kapan ada tiket promosi.
  7. Bergabunglah sebagai mitra jaringan tiket atau bisnis tiket, karena anda akan mendapat informasi dan harga tiket dengan harga beli/harga pokok.

 

Macam macam kelas tiket promosi yang biasa dijual airline seperti :

GARUDA                    : Kelas B,Q, N, K

LION                           : Kelas X, V, T, Q, N  

MANDALA                : Kelas A, I, D, M, J, R

BATAVIA                   : Kelas Z, W, P, N, X, R, T, V

SRIWIJAYA               : Kelas X, E, G, V, T, Q

*) Sengaja kami hanya melihat 5 airline saja karena airline ini yang sering mengeluarkan harga tiket promosi

 

Umumnya kelas-kelas tersebut berlaku aturan seperti fix dated, fix flight, non refund, non reroute, dengan masa berlaku tiket nulai dari 1 hari sampai 14 hari sejak tanggal keberangkatan.

 

Selain itu ada beberapa trik agar bisa memperoleh tiket promosi :

  1. Sering-sering bertanyalah kepada travel agent yang sudah dipercaya atau bertanyalah kepada milist atau jaringan yang memang mengetahui perihal bisnis tiket atau tiket promosi.
  2. Bergabunglah dengan  usaha atau bisnis tiket yang memang anda butuhkan yang menguntungkan dengan modal kecil, selain mendapat harga tiket promosi juga anda akan menadapat bonus jaringan sehingga anda akan mendapat passive income tambahan.
  3. Jika ada pertanyaan silahkan hubungi : tiketpromosi@yahoo.com
  4. Jika ingin bergabung silahkan kunjungi di www.tiketpromosi.co.cc atau
  5. Kunjungi jaringan : http://www.tiket88.com/bisnistiket  
Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s